Siapkan Pakan Berkualitas dengan Irigasi Perpompaan Ternak

by | 14 Jun 2020 | Prasarana

BANJARBARU – Harapan dan keinginan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menjadikan Kalsel sebagai lumbung pangan dan ternak nasional menjadi atensi serius dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel. Salah satu upaya mewujudkan harapan itu adalah menyiapkan ketersediaan pakan ternak berkualitas melalui irigasi perpompaan untuk menjaga kesuburuan hijauan pakan ternak sebagai pakan utama.

“Di tengah pandemi Covid yang belum melandai, kini para peternak dihadapkan kembali dengan datangnya musim kemarau. Sesuai arahan dan keinginan Pak Gubernur, Disbunnak Kalsel terus bergerak untuk menjamin ketersediaan pakan ternak yang berkualitas di musim kemarau. Karena ketersediaan pakan yang berkualitas, terutama untuk peternak sapi, sangat berpengaruh terhadap produktivitas daging yang dihasilkan. Hal ini berimbas pada ketersediaan daging di Kalsel di tengah pandemi Covid-19,” jelas Kepala Disbunnak Kalsel drh Suparmi.

Ditambahkan Suparmi, dinasnya telah mempersiapkan langkah strategis untuk menghadapi musim kemarau yang akan datang. “Irigasi perpompaan sudah kami siapkan untuk menghadapi musim kemarau yang akan datang, Setidaknya ada 7 kelompok yang mengajukan proposal dan telah disetujui. Salah satunya adalah kelompok tani Budidaya yang berada di Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang,” kata Suparmi.

Tak dapat dipungkiri ketersediaan air sangat penting untuk menjaga ketersediaan pakan ternak yang berkualitas. Sunanto, anggota Kelompok Tani Budidaya yang mendapatkan bantuan irigasi perpompaan mengaku senang, karena harapan kelompoknya untuk mendapatkan bantuan dapat terpenuhi. “Alahamdulillah, kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur. Dengan adanya bantuan irigasi ini kami tidak perlu khawatir lagi kesulitasn mencari sumber air untuk pakan ternak di musim kemarau” kata Sunanto.

Kepala Bidang PSP, Sulwan Natsir menjelaskan untuk tahun 2020 ini, irigasi perpompaan sudah di realisasikan di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tapin, Banjar, Tanah Laut dan Tanah Bumbu. “Untuk pengerjaannya sendiri semuanya sekarang dalam proses penyelesaian, Jelas Sulwan. (Bidang PSP)

#disbunnakbergerak
#disbunnakprovkalsel

Asuransi Ternak Sapi Disosialisasikan  ke Kabupaten Banjar

Asuransi Ternak Sapi Disosialisasikan  ke Kabupaten Banjar

Sesuai harapan dan arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor agar peternak di Banua bisa sejahtera, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel gencar menyosialisasikan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K), salah satunya di Kabupaten Banjar. Disbunnak Kalsel...

Bangun Irigasi Perpompaan untuk Menyambut Musim Kemarau

Bangun Irigasi Perpompaan untuk Menyambut Musim Kemarau

Komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk mensehterakan pekebun dan peternak melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel terus dilakukan melalui berbagai macam upaya, salah satunya adalah dengan membangun irigasi perpompaan untuk peternak. Menyambut musim...

Bantu Peternak Itik dengan Mesin Tetas Telur

Bantu Peternak Itik dengan Mesin Tetas Telur

Perhatian dan kepedulian Gubernur Kalsel Sahbirin Noor terhadap para peternak dan pekebun di Banua memang tak diragukan lagi. Melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalsel, diserahkan 3 unit mesin tetas telur kepada kelompok ternak itik di Kecamatan Panyipatan...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This