Tingkatkan Produksi Karet dengan Perangi JAP dan KAS

by | 18 Jun 2020 | Perkebunan

Karet merupakan salah satu komoditi unggulan tanaman perkebunan di Provinsi Kalsel selain sawit. Untuk itu, perlu dukungan dari pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas setiap tahun.

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya produktivitas pada tanaman karet, salah satunya adalah serangan penyakit JAP dan KAS.
Persoalan ini mendapat perhatian serius dari Paman Birin yang selalu memperhatikan nasib petani karet di Banua.

Sesuai arahan dari Paman Birin, Dinas Perkebunan dan Pertanian Kalsel telah menyiapkan beberapa cara untuk memerangi JAP dan KAS dengan menggunakan jamur antagonis trichoderma.sp dan ankas (anti kering alur sadap). “Disbunnak Kalsel memiliki Labotorium Lapangan (LL) yang menyiapkan/memproduksi Tricoderhma.sp dengan metode perbanyakan pada media beras yang mudah untuk diaplikasikan,” jelas Kadis Bunnak Kalsel Suparmi.

Selain itu ada juga pembuatan ankas formulasi dari bahan-bahan alami dengan bahan utamanya adalah Crude Palm Oil (CPO). Ditambahkan Suparmi, pada Kegiatan Perlindungan Tanaman tahun 2020, Disbunnak memberikan bantuan Trichoderma.sp dan Ankas kekelompok tani di beberapa kabupaten.

“Diharapkan dengan adanya pemberian Tricodherma.sp dan Ankas ke pada kelompok tani bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga produktivitas tanaman karet menjadi lebih baik dan para pekebun sejahtera. Sesuai motto Disbunnak dan arahan Bapak Gubernur, pekebun dan peternak di Banua harus sejahtera,” kata Suparmi.
(Bid. Perkebunan)

#disbunnakbergerak
#disbunnakprovkalsel

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This