Disbunnak KalSel Tingkatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Masyarakat melalui OPAL

by | 2 Jul 2020 | Perkebunan

Dinas perkebunan dan peternakan provinsi kalimantan selatan telah melaksanakan program Obor Pangan Lestari (OPAL) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian selaras dengan keinginan Paman birin selaku Gubernur Kalsel & Program PKK yang di ketuai oleh ny. hj. Raudatul Jannah Sahbirinnoor yaitu memberikan edukasi melalui percontohan prmanfaatan pekarangan dg sumber daya lokal yg ada untuk masyarakat sebagai sumber pangan dan gizi keluarga, untuk mendukung percepatan penganekaragaman konsumsi pangan melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di sekitar.

OPAL membuat halaman kantor disbunna KalSel sekarang nampak lebih hijau dan menarik sejak program ini dilaksanakan. Rangkaian tanaman hidroponik berisi beragam sayuran berjejer rapi di kantor persis sebelum pintu masuk ke lobi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Suparmi mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan tujuan dr OPAL sebagai sarana penyuluhan kepada masyarakat luas untuk memperoleh sumber pangan dan gizi keluarga, dimana setiap masyarakat yang datang maupun yang lewat diharapkan akan mereplikasi dengan memanfaatkan lahan pekarangan yg ada dirumah masing-masing.

Keberlanjutan kegiatan OPAL ini diupayakan akan terus ada, mengingat ini cukup efektif memancing animo masyarakat untuk terus kreatif guna menambah sumber bahan pangan khususnya sayuran dan buah-buahan, bahkan bisa menambah sumber penghasilan jika dikelola dengan baik dengan tanaman yang bernilai ekonomis seperti cabai, kucai dan lain lain.

Terlebih pada situasi Pandemi Covid -19 ini, hal ini dapat menjadi solusi kurangi aktivitas keluar rumah karena kita sudah memiliki beraneka ragam sumber pangan di rumah sehingga tidak perlu lagi terlalu sering ke pasar. Selain itu dampak pandemi ini berpengaruh besar terhadap penghasilan sebagain besar masyarakat, kegiatan ini apabila dikelola dengan baik justru akan sangat membantu masyarakat dalam menambah penghasilan secara langsung.

Tingkatkan Pendapatan Petani Karet dengan pola SUPRA-DIN

Tingkatkan Pendapatan Petani Karet dengan pola SUPRA-DIN

Tanaman karet merupakan komoditi penting di Indonesia. Selain sebagai sumber devisa negara juga merupakan sumber mata pencaharian bagi sebagian penduduk, termasuk di Kalimantan Selatan yg merupakan komuditas unggulan di sub sektor perkebunan. Dalam beberapa tahun...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This