Inventarisasi Aset Dinas di Daerah

by | 23 Jul 2020 | Sekretariat

Sebagai wujud tata kelola administrasi aset yang baik, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel melakukan pendataan aset yang tersebar di daerah, antara lain dilakukan di Kab. Tapin yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Dinas selaku Pembina Tim Investaris Barang Disbunnak (Jumat, 10/7).
.
Pendataan aset yang dilakukan berupa pencatatan, pelaporan dan dokumentasi aset. Tujuan invetarisasi ini adalah untuk pengamanan aset milik/tercatat di Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel yang berada di kabupaten/kota.
.
Inventarisasi aset ini merupakan instruksi langsung dari Kadis Bunnak Suparmi sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur Sahbirin Noor untuk mendata dan menertibkan aset milik Pemprov Kalsel.
.
Suparmi langsung memerintahkan untuk membentuk tim inventarisasi aset di daerah untuk memudahkan dalam melakukan koordinasi, baik sinkronisasi data aset secara administrasi maupun fisik.
.
“Pendataan aset ini sebagai wujud tata kelola administrasi birokrasi yang baik, termasuk di dalamnya pendataan aset milik pemprov. Ini sesuai arahan Pak Gubernur agar semua SKPD bisa melaksanakan prinsip good governance,” kata Suparmi.
.
Mardiana, selaku pengurus barang aset Dinas Pertanian Kab. Tapin sekaligus sebagai tim inventarisasi aset, menyampaikan data aset milik Dinas Perkebunan dan Peternakan yang berada dan dicatat di Kabupaten Tapin.
.
Aset tersebut berasal dari APBD, APBN, dan Satker Disbunnak Unit Eselon 1 Ditjen Perkebunan (05), maupun Unit Eselon 1 Ditjen Peternakan dan Keswan (06).
.
Tim inventarisasi Disbunnak langsung melalukan pencocokan dan pencatatan data. Kemudian melakukan cek fisik data aset yg tercatat. Selanjutnya koordinasi lebih lanjut dengan KPKNL Banjarmasin untuk aset APBN.
.
Dengan adanya koordinasi tersebut diharapkan aset Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel yang ada di Kab/Kota dapat terkelola dengan baik.

Disbunnak Tinjau Lahan HGU dan Prasarana Karhutla

Disbunnak Tinjau Lahan HGU dan Prasarana Karhutla

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan melalui Seksi Perlindungan Usaha dan Pengelolaan PBS melakukan peninjauan lapangan terkait inclave (mengeluarkan) lahan Hak Guna Usaha. Peninjauan ini sekaligus memonitor sarana dan prasarana kebakaran hutan dan...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This