Penguatan Kelembagaan Kunci Sejahterakan Petani

by | 23 Jul 2020 | Penyuluhan

Pemberdayaan dan penguatan kelembagaan kelompok tani merupakan serangkaian upaya yang sistematis, konsisten dan berkelanjutan untuk meningkatkan daya adaptasi dan inovasi petani guna memanfaatkan teknologi secara optimal dalam mencapai tujuan bersama secara lebih efisien, sehinggga pendapatan petani meningkat.
.
Kesejahteraan petani, pekebun dan peternak, menjadi harapan dan keinginan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang selalu disampaikan ke SKPD teknis terkait. Itu pula yang menjadi motto Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan (Disbunnak) untuk menjadikan pekebun dan peternak di Banua sejahtera.
.
Untuk itu, Disbunnak giat melakukan sosialisasi dan penyuluhan akan pentingnya penguatan kelembagaan dalam sebuah kelompok tani, seperti yang telah dilaksanakan di kelompok tani Harapan Masa Desa Kertak Empat Kec. Pengaron Kab. Banjar. “Setelah mempelajari dan menerapkan sistem kelembagaan serta secara bertahap terus dibantu oleh petugas teknis dan penyuluh Disbunnak, beberapa masalah yang dialami oleh anggota kelompok dapat diselesaikan lebih mudah”, ucap Iskandar selaku ketua kelompok.
.
Iskandar juga mengatakan setiap permasalahan yang dialami anggota dicari solusinya secara bersama, sehingga tidak ditanggung oleh anggota sendiri supaya kekompakan dan ikatan antar anggota jadi lebih kuat. Sesama anggota juga saling berbagi dalam hal penyerapan dan penerapan teknologi pertanian agar dapat mengolah hasil usaha menjadi lebih efisien.
.
“Diharapkan dengan adanya penyuluhan tentang penguatan kelembagaan bagi kelompok tani dapat membantu meningkatkan kemandirian, kekompakkan dan martabat petani serta peningkatan pendapatan yang merupakan kunci utama menuju kesejahteraan petani,” kata Kepala Disbunnak Suparmi.

Jaga Kualitas Karet, Disbunnak Beri Bantuan Asam Semut

Jaga Kualitas Karet, Disbunnak Beri Bantuan Asam Semut

Perhatian dan dukungan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, terhadap pekebun karet di Banua ditunjukkan dengan memberi bantuan pada Pekebun karet melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel. Bantuan yang diberikan adalah bahan pembeku lateks untuk...

Rakor Bahas Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak

Rakor Bahas Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak

Dalam rangka mengoptimalkan tata niaga ternak melalui Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak di Kalimantan Selatan, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dengan Instansi terkait pada hari Rabu ( 22/7) di Aula Kelapa Sawit Disbunnak. Rakor yg dipimpin langsung oleh Kepala...

Kapal Khusus Ternak Bantu Ketersedian Hewan Kurban di Kalsel

Kapal Khusus Ternak Bantu Ketersedian Hewan Kurban di Kalsel

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan (Disbunnak) dalam pemenuhan jumlah ketersedian hewan kurban di Kalsel yaitu dengan mendatangkan sapi dari wilayah lain. Keberadaan kapal khusus ternak dinilai mampu memberikan...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This