Jalan Kebun untuk Kesejahteraan Pekebun Banua

by | 23 Jul 2020 | Prasarana

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel terus bergerak dalam membangun infrastruktur perkebunan, guna mensejahterakan pekebun di Banua.

Jalan kebun merupakan salah satu program prioritas Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel untuk memudahkan para pekebun dalam mengangkut hasil perkebunan mereka.

Kesejahteraan pekebun menjadi harapan dan keinginan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Hal ini pula yang menjadi program Disbunnak Prov. Kalsel melalui Bidang Prasarana dan Sarana dengan melakukan pengecekan calon lokasi pembangunan jalan kebun di Desa Pulau Damar, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulusungai Utara.

“Bergerak untuk rakyat dan pekebun. Itu yang menjadi semangat kami sesuai arahan Pak Gubernur agar pekebun di Banua bisa sejahtera,” kata Kepala Disbunnak Kalsel Suparmi.

Program infrastruktur pembuatan jalan kebun ini sangat diharapkan oleh para pekebun. Seperti diungkapkan Misrani, Ketua Kelompok Sumber Rezeki yang merupakan petani karet, ia mengaku sering mengalami kesulitan dalam mengangkut hasil kebunnya. Jalan yang licin dan berlumpur sering menyebabkan ban motor selip dan masuk ke dalam lumpur “Alhamdulillah kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur karena telah mendengar aspirasi kami untuk pembuatan jalan kebun diwilayah kami,” kata Misrani.

Suri Fikriana, Kasi PSP Perkebunan mengatakan, sesuai arahan dari kadisbunnak prov kalsel, jalan kebun merupakan akses vital yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan pekebun. “Oleh karena itu akan kita bangun jalan representatif selebar 3 meter dengan pengerasan dari pasir dan batu sehingga mobilitas hasil perkebunan dapat lebih mudah, jadi tidak hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda 2, tetapi juga bisa dilalui kendaraan roda 3 bahkan roda 4,” katanya.
.
Harapannya dengan akses jalan yang mudah produktivitas perkebunan akan meningkat, begitu juga dengan pendapatan pekebun. (Bidang PSP)

Asuransi Ternak Sapi Disosialisasikan  ke Kabupaten Banjar

Asuransi Ternak Sapi Disosialisasikan  ke Kabupaten Banjar

Sesuai harapan dan arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor agar peternak di Banua bisa sejahtera, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel gencar menyosialisasikan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K), salah satunya di Kabupaten Banjar. Disbunnak Kalsel...

Bangun Irigasi Perpompaan untuk Menyambut Musim Kemarau

Bangun Irigasi Perpompaan untuk Menyambut Musim Kemarau

Komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk mensehterakan pekebun dan peternak melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel terus dilakukan melalui berbagai macam upaya, salah satunya adalah dengan membangun irigasi perpompaan untuk peternak. Menyambut musim...

Bantu Peternak Itik dengan Mesin Tetas Telur

Bantu Peternak Itik dengan Mesin Tetas Telur

Perhatian dan kepedulian Gubernur Kalsel Sahbirin Noor terhadap para peternak dan pekebun di Banua memang tak diragukan lagi. Melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalsel, diserahkan 3 unit mesin tetas telur kepada kelompok ternak itik di Kecamatan Panyipatan...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This