Kapal Khusus Ternak Bantu Ketersedian Hewan Kurban di Kalsel

by | 23 Jul 2020 | Penyuluhan

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan (Disbunnak) dalam pemenuhan jumlah ketersedian hewan kurban di Kalsel yaitu dengan mendatangkan sapi dari wilayah lain. Keberadaan kapal khusus ternak dinilai mampu memberikan kemudahan dalam proses pengangkutan ternak dari luar wilayah Kalsel, karena telah menerapkan prinsip animal welfare.

Sesuai arahan dan instruksi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, untuk pemenuhan jumlah ketersedian hewan kurban di Kalsel, seluruh instansi terkait diharapkan dapat saling bekerja sama, baik dari instansi tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Hal tersebut ditindaklanjuti Disbunnak dengan melaksanakan koordinasi dan monitoring dengan stakeholder terkait, seperti dari Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin.

“Dengan adanya kapal khusus ternak, diharapkan dapat memudahkan para pelaku usaha ternak dalam memasok kebutuhan ternak dari luar Kalimantan melalui jasa Tol Laut, sehingga kebutuhan hewan kurban di Kalsel lekas terpenuhi.” ungkap Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi.

Kapal khusus ternak yang melayani trayek dari pelabuhan di Kupang, Nusa Tenggara Timur ke Pelabuhan Trisakti di Banjarmasin adalah KM. Camara Nusantara 2, KM. Camara Nusantara 3 dan KM. Camara Nusantara 6.

Suparmi menjelaskan, manfaat menggunakan jasa kapal khusus ternak dalam pengangkutan antarpulau adalah penerapan kaidah kesejahteraan hewan (Kesrawan) yang dapat mengurangi penyusutan bobot hidup ternak.

Penyusutan bobot hidup ternak dengan kapal khusus ternak rata-rata mencapai 7-12%. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan kapal kargo, dengan bobot penyusutan yang mencapai lebih dari 15-22%.

“Minggu pertama dan kedua bulan Juli menjelang Iduladha pemasukan sapi ke wilayah Kalsel telah mencapai 1.200 ekor,” kata Suparmi. Diperkirakan pemasukan sapi potong masih akan terus berlangsung. Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu sumber pemasok sapi potong untuk kebutuhan Kalsel dan sekitarnya. (P3)

Jaga Kualitas Karet, Disbunnak Beri Bantuan Asam Semut

Jaga Kualitas Karet, Disbunnak Beri Bantuan Asam Semut

Perhatian dan dukungan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, terhadap pekebun karet di Banua ditunjukkan dengan memberi bantuan pada Pekebun karet melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel. Bantuan yang diberikan adalah bahan pembeku lateks untuk...

Rakor Bahas Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak

Rakor Bahas Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak

Dalam rangka mengoptimalkan tata niaga ternak melalui Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak di Kalimantan Selatan, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dengan Instansi terkait pada hari Rabu ( 22/7) di Aula Kelapa Sawit Disbunnak. Rakor yg dipimpin langsung oleh Kepala...

Penguatan Kelembagaan Kunci Sejahterakan Petani

Penguatan Kelembagaan Kunci Sejahterakan Petani

Pemberdayaan dan penguatan kelembagaan kelompok tani merupakan serangkaian upaya yang sistematis, konsisten dan berkelanjutan untuk meningkatkan daya adaptasi dan inovasi petani guna memanfaatkan teknologi secara optimal dalam mencapai tujuan bersama secara lebih...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This