Rakor Bahas Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak

by | 24 Jul 2020 | Penyuluhan

Dalam rangka mengoptimalkan tata niaga ternak melalui Pemanfaatan Kapal Khusus Ternak di Kalimantan Selatan, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi dengan Instansi terkait pada hari Rabu ( 22/7) di Aula Kelapa Sawit Disbunnak.

Rakor yg dipimpin langsung oleh Kepala Disbunnak , Suparmi dengan menghadirkan Narasumber dari Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin dan Kantor Kesyahbaran dan Otoritas Pelabuhan. Turut hadir Dinas yang membidangi fungsi peternakan di Kabupaten/Kota Se-Kalsel dan Tim Pelaksana Koordinasi Kapal Ternak Disbunnak Tahun 2020.

Dalam arahannya, Suparmi mengatakan, bahwa Kapal Khusus Ternak Camara Nusantara I telah dilaunching pada tanggal 11 Desember 2015 oleh Presiden Joko Widodo sebagai kapal khusus ternak yang menghubungkan antar pulau atau yang disebut Tol Laut.

Tujuannya untuk menata ulang struktur pasar sapi nasional. ” Hal ini sesuai arahan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, agar semua instansi bekerja sama memastikan ketersediaan hewan kurban. Karena itu, keberadaan kapal ternak ini telah mampu memperlancar distribusi ternak hidup dari wilayah sentra produksi untuk didistribusikan ke wilayah sentra konsumsi,” jelas Suparmi dalam paparannya.

Suparmi menambahkan, beberapa langkah untuk mengoptimalkan pemanfaatan kapal ternak di Kalsel dapat dilakukan dengan cara menumbuhkan komitmen dengan para pelaku usaha yang menggunakan jasa layanan kapal ternak. Yaitu agar memanfaatkan kapal ternak secara bertanggung jawab sesuai aturan yang berlaku dan disepakati.

Menjaga kesinambungan operasional kapal ternak antara lain melalui peningkatan skalabilitas pelayanan Kapal Khusus Ternak dengan mengupayakan muatan balik. Kapal ternak juga dapat bersinergi dengan program peningkatan populasi ternak sapi/kerbau seperti Sikomandan di wilayah sentra ternak, agar dapat mengakselerasi akses pemasaran hasil ternak para peternak di wilayah sentra dan mendorong peningkatan kapasitas usaha dan kelembagaan peternak. (P3)

Jaga Kualitas Karet, Disbunnak Beri Bantuan Asam Semut

Jaga Kualitas Karet, Disbunnak Beri Bantuan Asam Semut

Perhatian dan dukungan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, terhadap pekebun karet di Banua ditunjukkan dengan memberi bantuan pada Pekebun karet melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel. Bantuan yang diberikan adalah bahan pembeku lateks untuk...

Kapal Khusus Ternak Bantu Ketersedian Hewan Kurban di Kalsel

Kapal Khusus Ternak Bantu Ketersedian Hewan Kurban di Kalsel

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan (Disbunnak) dalam pemenuhan jumlah ketersedian hewan kurban di Kalsel yaitu dengan mendatangkan sapi dari wilayah lain. Keberadaan kapal khusus ternak dinilai mampu memberikan...

Penguatan Kelembagaan Kunci Sejahterakan Petani

Penguatan Kelembagaan Kunci Sejahterakan Petani

Pemberdayaan dan penguatan kelembagaan kelompok tani merupakan serangkaian upaya yang sistematis, konsisten dan berkelanjutan untuk meningkatkan daya adaptasi dan inovasi petani guna memanfaatkan teknologi secara optimal dalam mencapai tujuan bersama secara lebih...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This