Disbunnak Tinjau Lahan HGU dan Prasarana Karhutla

by | 24 Jul 2020 | Sekretariat

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan melalui Seksi Perlindungan Usaha dan Pengelolaan PBS melakukan
peninjauan lapangan terkait inclave (mengeluarkan) lahan Hak Guna Usaha. Peninjauan ini sekaligus memonitor sarana dan prasarana kebakaran hutan dan lahan.

Peninjauan dan monitoring ini merupakan keseriusan Disbunnak dalam menindaklanjuti arahan Gubernur Sahbirin Noor untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Selain sebagai langkah antisipasi karhutla, peninjauan ini juga untuk memastikan agar tak ada konflik lahan yang merugikan masyarakat,” kata Kepala Disbunnak Kalsel Suparmi.

Adapun lahan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ditinjau milik PT. Persada Dinamika Lestari di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kemudian PT. Subur Agro Makmur di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan PT. Tri Buana Mas di Kabupaten Tapin.

Dalam peninjauan ini Disbunnak bersama tim dari Badan Pertanahan Nasional Kanwil Wilayah Kalimantan Selatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kalsel yang langsung melakukan peninjauan ke lapangan terkait Hak Guna Usaha (HGU) yang bermasalah.

Tim juga sekaligus meninjau kesiapan dan kesigapan PT. Persada Dinamika Lestari dalam memasuki musim kemarau. Untuk jumlah luas HGU PT. Persada Dinamika Lestari seluas 2.684 hektar. Rencana yang akan di inclave (mengeluarkan) seluas 203 hektar yang terdapat 8 titik tanah HGU bermasalah dengan masyarakat.

Walaupun sudah pernah dilakukan proses ganti rugi, namun dikemudian hari masih terjadi permasalahan lagi. Dari 8 titik lahan tersebut hanya ada semak belukar bukan tanaman sawit. Untuk itu, perusahaan tersebut mengeluarkan tanah tersebut karena sudah tidak memungkinkan lagi untuk fasilitasi.

Terkait sarana dan prasarana Karhutla di PT. Persada Dinamika Lestari sudah sangat baik. Perusahaan sudah menyiapkan kesigapan terhadap karhutla dari segi menara pantau sebanyak 4 buah dengan tinggi 15 meter. Menara berbahan ulin dan peralatannya sangat layak dan memadai, sesuai Peraturan Permentan nomor 05 tahun 2018 tentang Pembukaan Dan/Atau Pengolahan Perkebunan Tanpa Membakar.

Estu Kuncoro, Satgas Logistik dan P3K dari PT. Persada Dinamika Lestari mengatakan, pihaknya sudah mengajukan kepada kantor pusat penambahan mesin pompa beserta selang. “Alhamdulillah disetujui 5 unit mesin pompa beserta selangnya,” katanya.

Inventarisasi Aset Dinas di Daerah

Inventarisasi Aset Dinas di Daerah

Sebagai wujud tata kelola administrasi aset yang baik, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel melakukan pendataan aset yang tersebar di daerah, antara lain dilakukan di Kab. Tapin yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Dinas selaku Pembina Tim Investaris Barang...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This