Tim KIE Dibekali Tata Cara Kurban Sesuai Protokol Covid-19

by | 31 Jul 2020 | Peternakan

Disbunnak – Untuk mencegah penularan Covid-19 dalam perayaan Idul Adha 1441 H, maka perlu penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah kurban. Untuk memastikan itu, Disbunnak menjadi narasumber pada giat pembekalan kepada Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) terkait Protokol Kesehatan Pelaksanaan Pemotongan Hewan Kurban Dalam Situasi Bencana Non Alam Covid-19 yg dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan di Ruang Rapat Kantor BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, (29/7).

Giat pembekalan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. KalSel, Suparmi, menekankan pada 4 hal pokok dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Pertama, jaga jarak minimal 1 meter dan hindari posisi saling berhadapan serta diusahakan yang hadir hanya panitia saja. Sedangkan daging diantar ke penerima daging oleh panitia. Kedua, pemeriksaan kesehatan secara dini dengan memeriksa suhu panitia.

Jika terdapat panitia yang demam, maka tidak diperkenankan masuk ke tempat pemotongan hewan. Ketiga, adalah penerapan higiene dan sanitasi, dalam hal ini panitia kurban harus menyediakan tempat cuci tangan atau _hand sanitizer_ dan desinfektan. Keempat adalah _higiene personal_ di mana panitia pemotongan hewan kurban harus menjaga kebersihan, memakai masker, sarung tangan, menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama sama, dan menghindari berjabat tangan.

“Empat hal ini yg harus disosialisasikan oleh Tim KIE kepada para panitia pemotongan hewan kurban di wilayah tugas masing- masing. Ini adalah salah satu komitmen kita menjaga masyarakat agar terhidar dari penularan Covid-19,” tegas Suparmi, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel.

Selain melaksanakan sosialisasi, Tim KIE juga akan membagikan paket APD berupa masker, sarung tangan karet sekali pakai, _hand sanitizer_, kacamata, dan brosur Informasi dan Edukasi Pemotongan Hewan Kurban pada Situasi Wabah Non Alam Covid-19 dan beberapa brosur terkait lainnya kepada panitia pemotongan hewan kurban.

Pelayanan Terpadu Pada Kambing di Hutan Kota Banjarbaru

Pelayanan Terpadu Pada Kambing di Hutan Kota Banjarbaru

Disbunnak - Sebelas ekor kambing yang dipelihara di Persemaian Dinas Kehutanan Prov. Kalsel diperiksa tim dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel bersama Balai Inseminasi Buatan, Selasa (4/8). Kambing yang diperiksa terdiri dari 1 ekor penjantan, 9 ekor...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This