Gelar Rakor Virtual Pengawasan dan Pengawalan Ibadah Kurban di Situasi Wabah Non Alam Covid-19

by | 31 Jul 2020 | Peternakan

Disbunnak – Situasi Wabah Non Alam Covid-19 belum berakhir, karena itu Rakor tahun ini dilaksanakan secara berbeda, tidak melalui tatap muka langsung melainkan secara virtual. Namun demikian hal ini tidak menyurutkan niat dan langkah Disbunnak dalam mengawasi dan memonitor aktivitas peternakan dan kesehatan hewan. “Demi menjamin keamanan masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan produk pangan asal hewan Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH),” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Suparmi, saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi bersama Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan kabupaten/kota se Kalimantan Selatan, (28/7).

Pada Rakor tersebut disampaikan materi dari Drh. Edi Santosa selaku Kasi Kesehatan Hewan dan Kesmavet dan diskusi dipimpin oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Selain itu juga dihadirkan Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan terkait Pengurangan Penggunaan Kemasan Plastik Pada Pembagian Daging Kurban.

Dalam rapat tersebut disampaikan Peraturan Menteri Pertanian No. 114 Tahun 2014 mengenai Pemotongan Hewan Kurban dan surat edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan No. 0008/SE/PK.320/06/2020 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Non Alam Covid-19. Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalsel menyampaikan materi tentang Penatalaksanaan Kurban, Sampah dan Limbah Kurban.

Ketersediaan hewan kurban tahun ini terdiri dari sapi 11.321 ekor, kerbau 385 ekor, kambing 2.046 ekor, dan domba 282 ekor. Kriteria hewan kurban harus sehat dan memenuhi kaidah kesejahteraan hewan sebagai upaya menghasilkan Pangan Asal Hewan yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Pelayanan Terpadu Pada Kambing di Hutan Kota Banjarbaru

Pelayanan Terpadu Pada Kambing di Hutan Kota Banjarbaru

Disbunnak - Sebelas ekor kambing yang dipelihara di Persemaian Dinas Kehutanan Prov. Kalsel diperiksa tim dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel bersama Balai Inseminasi Buatan, Selasa (4/8). Kambing yang diperiksa terdiri dari 1 ekor penjantan, 9 ekor...

Instagram

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More

Facebook

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This