Rabu, 28 Juli 2021, WITA
Breaking News

Jumat, 25 Jun 2021, 13:51:49 WITA 27 Kali Administrator Peternakan

Penerbitan Surat Keterangan Layak Bibit Sapi Potong Rumpun Sapi Bali

Barito Kuala – Tim penerbitan Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Barito Kuala melaksanakan pemeriksaan dan penilaian kesesuaian terhadap standar Sapi Potong dalam rangka penguatan pengawasan mutu di wilayah sumber bibit sapi bali di kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala,(23/6).

 

Pemeriksaan dan penilaian mengacu pada SNI 7651-4 : 2020 mengenai Bibit sapi potong rumpun Sapi Bali. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan nomor identitas ternak, pemeriksaan kesehatan hewan, persyaratan kualitatif dan kuantitatif, dan pemeriksaan reproduksi ternak. Berdasarkan pemeriksaan kuantitatif dengan parameter tinggi pundak, panjang badan, lingkar dada dan lingkar skrotum (bagi sapi jantan) bibit sapi bali akan diklasifikasikan menjadi kelas I, kelas II dan kelas III yang diatur pada SNI Bibit sapi potong rumpun Sapi Bali.

 

Pada kegiatan pemeriksaan dan penilaian kesesuaian yang dilaksanakan di Kelompok Ternak Taruna Tani, sebanyak 11 ekor sapi bali dapat dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya akan dianalisis untuk proses penerbitan SKLB.

 

Penerbitan SKLB diharapkan dapat menseleksi ternak sapi Bali yg berkualitas sesuai SNI, baik betina maupun jantan yang bisa dipertahankan menjadi bibit unggul sehingga peternak dapat meningkatkan harga jual ternak yang secara langsung berdampak pada peningkatan kesejahteraan peternak.

 

#disbunnakprovkalsel

Disbunnak jalankan SISKA KU INTIP sebagai langkah kongkrit RAD-KSB

Kamis, 08 Jul 2021, 15:29:53 WITA, Dibaca : 25 Kali

Persediaan Hewan Kurban di KalSel Tahun ini aman

Senin, 05 Jul 2021, 12:54:00 WITA, Dibaca : 30 Kali
Belum ada komentar untuk "Penerbitan Surat Keterangan Layak Bibit Sapi Potong Rumpun Sapi Bali"
Tuliskan Komentar