Rabu, 28 Juli 2021, WITA
Breaking News

Senin, 28 Jun 2021, 16:51:27 WITA 18 Kali Administrator Peternakan

Peresmian Fasilitas Pengolahan Pakan Ternak Sapi Berbahan Dasar Limbah Jagung di Kabupaten Tanah Laut

 

Ekspose Mesin Pembuat Silase Ramah Lingkungan Untuk Pakan Ternak

 

Pelaihari, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti expose yang diselengarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Selatan terkait kegiatan inovasi berupa Integrasi Ternak Sapi dan Tanaman Pangan yang berlokasi di kelompok Tani Budidaya Desa Pulausari Kec. Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut, Jum’at (25/6).

 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Sukamta, Komandan Kodim, Kapolsek Pelaihari serta Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut, Suharyo beserta jajarannya termasuk para penyuluh pertanian di wilayah Kabupaten Tanah Laut. Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan diwakili oleh Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Sulwan Natsir.

 

Program ini terinspirasi oleh banyaknya limbah pertanian tanaman pangan antara lain, jerami, kulit dan batang tanaman jagung yang belum termanfaatkan sebelumnya. BPTP membuat mesin pemroses pembuatan silase yang bahan bakunya berupa limbah tanaman pangan tadi. Silase merupakan proses pengolahan pakan ternak yang menggunakan bahan baku berupa limbah tanaman pangan dan hijauan makanan ternak (HMT) beserta bahan tambahan berupa tetes tebu, dedak padi maupun dedak jagung. Semua bahan - bahan tadi diawetkan dalam kemasan kedap udara yang dibungkus rapat menggunakan kemasan plastik.

 

Dalam proses penyimpanannya, silase dapat bertahan lama asalkan kemasan tetap terjaga dalam keadaan terbungkus rapat. Selama ini proses pembungkusan silase dilakukan secara manual. Dengan inovasi mesin buatan BPTP ini proses pembuatan silase menjadi jauh lebih efisien dan menghemat waktu dalam pembuatannya. Peternakan sapi menghasilkan limbah berupa urin dan feses. Urin dan feses sapi kemudian diolah menjadi pupuk cair dan kompos yang sangat dibutuhkan untuk menyuburkan tanaman pertanian termasuk tanaman pangan. Sehingga inovasi Integrasi Ternak Sapi dan Tanaman Pangan merupakan sinergitas yang sangat efisien karena tanpa menghasilkan limbah ( Zero Waste).

Disbunnak jalankan SISKA KU INTIP sebagai langkah kongkrit RAD-KSB

Kamis, 08 Jul 2021, 15:29:53 WITA, Dibaca : 26 Kali

Persediaan Hewan Kurban di KalSel Tahun ini aman

Senin, 05 Jul 2021, 12:54:00 WITA, Dibaca : 30 Kali
Belum ada komentar untuk "Peresmian Fasilitas Pengolahan Pakan Ternak Sapi Berbahan Dasar Limbah Jagung di Kabupaten Tanah Lau"
Tuliskan Komentar