Rabu, 28 Juli 2021, WITA
Breaking News

Rabu, 19 Feb 2020, 08:01:45 WITA 50 Kali Dwicahyo Septo Nugroho, S.Pt Peternakan

BANJARBARU, Disbunnak - Program sapi kerbau komoditas andalan negeri (SIKOMANDAN) yang diluncurkan Kementerian Pertanian, menjadi salah satu agenda yang disosialisasikan dalam rapat koordinasi perbibitan yang dilaksanakan Selasa (18/2). Rakor secara khusus menghadirkan Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak serta Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan. Seluruh dinas yang menjalankan fungsi peternakan di seluruh kabupaten dan kota serta UPT/UPTD yang ikut berperan dalam kegiatan perbibitan juga ikut hadir dalam rakor.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel, drh. Suparmi, didampingi  Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, membuka acara ini secara resmi.

Rapat Koordinasi ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan di awal tahun. Namun, dalam rakor tersebut secara khusus dilakukan sosialisasi program baru SIKOMANDAN.

Program sapi kerbau komoditas andalan negeri merupakan program lanjutan dari program sebelumnya, yaitu UPSUS SIWAB.  Pada UPSUS SIWAB, proses bisnis yang dlakukan  adalah  adalah peningkatan  kelahiran.

Sedangkan pada  program SIKOMANDAN,  ada 4 proses bisnis yg dilakukan. Yaitu peningkatan kelahiran, peningkatan produktivitas, keamanan dan mutu pangan, serta pemerataan penyediaan pangan.

Tujuan utama program ini yaitu percepatan peningkatan populasi  sapi dan kerbau. Untuk membantu percepatan dimaksud, drh. Suparmi mengingatkan semua pemerintah daerah mempunyai wilayah kawasan unggulan untuk perbibitan ternak.

Selain membantu meningkatkan populasi ternak, hal ini juga dapat melestarikan sumber daya genetik lokal. "Diharapkan kabupaten dan lota mempunyai unggulan daerah dengan menggali potensi daerahnya masing-masing," pesan Suparmi.

Dalam rapat koordinasi tersebut disampaikan  lebijakan pembangunan peternakan, lebijakan SIKOMANDAN, kredit usaha rakyat (KUR) dalam mendukung pengembangan perbibitan, perkembangan wilayah perbibitan, kinerja UPSUS SIWAB 2017-2019 dan rencana kegiatan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2020.

Penulis: HAN
Bidang: NAKKES

#sikomandan
#disbunnakbergerak
#disbunnakprovkalsel

Kinerja Pegawai Harus Sesuai SOP

Rabu, 04 Mar 2020, 08:48:48 WITA, Dibaca : 34 Kali

Kebutuhan SDM Disbunnak Dianalisa  

Rabu, 04 Mar 2020, 08:44:03 WITA, Dibaca : 0 Kali

Berkumpulnya Pecinta Guru Sekumpul 

Minggu, 01 Mar 2020, 19:05:38 WITA, Dibaca : 0 Kali
Belum ada komentar untuk "SIKOMANDAN Dikawal dalam Rakor Perbibitan"
Tuliskan Komentar